PRODUKSI
merupakan suatu
kegiatan yang dikerjakan untuk menambah nilai guna suatu benda atau menciptakan
benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan. Kegiatan
menambah daya guna suatu benda tanpa mengubah bentuknya dinamakan produksi jasa.
Sedangkan kegiatan menambah daya guna suatu benda dengan mengubah sifat dan
bentuknya dinamakan produksi barang. Produksi bertujuan untuk memenuhi
kebutuhan manusia untuk mencapai kemakmuran. Kemakmuran dapat tercapai jika
tersedia barang dan jasa dalam jumlah yang mencukupi.
Fungsi
nya :
Fungsi produksi adalah
suatu bagian fungsi yang ada pada perusahaan yang bertugas untuk mengatur
kegiatan-kegiatan yang diperlukan bagi terselenggaranya proses produksi. Dengan
mengatur kegiatan itu maka diharapkan proses produksi akan berjalanlancar dan
hasil produksi pun akan bermutu tinggi sehingga dapat diterima oleh masyarakat
pemakainya. Bagian produksi dalam menjalankan tugasnya tidaklah sendirian akan
tetapi bersama-sama dengan bagian-bagian lain seperti bagian pemasaran, bagian
keuangan serta bagian akuntansi. Oleh karena itu haruslah diadakan koordinasi
kerja agar semua bagian dapat berjalan seiring dan seirama dan dapat
dihindarkan benturan – benturan kepentingan antar bagian dalam perusahaan.
Tugas utama dari bagian produksi dalam kaitannya dengan pencapaian tujuan perusahaan secara umum adalah berusaha mencapai biaya produksi yang rendah, mutu produk yang tinggi, tanggapan yang cepat atas permintaan, dan fleksibilitas untuk membuat beragam barang yang sesuai dengan selera dan spesifikasi pelanggan
Tugas utama dari bagian produksi dalam kaitannya dengan pencapaian tujuan perusahaan secara umum adalah berusaha mencapai biaya produksi yang rendah, mutu produk yang tinggi, tanggapan yang cepat atas permintaan, dan fleksibilitas untuk membuat beragam barang yang sesuai dengan selera dan spesifikasi pelanggan
PASAR
MONOPOLI
Pasar monopoli adalah
suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu produsen yang menguasai pasar.
Dengan kata lain satu penjual menguasai segala jenis penawaran. Seseorang yang
menguasai pasar monopoli disebut Monopolis.
Ciri-ciri dari pasar monopoli yaitu:
Ciri-ciri dari pasar monopoli yaitu:
·
Hanya ada satu produsen yang menguasai
penawaran
·
Tidak ada barang subtitusi atau pengganti
yang mirip
·
Produsen mutlak menentukan harga
·
Tidak ada pengusaha lain yang memasuki pasar
tersebut karena ada hambatan berapa keunggulan perusahaan.
Monopoli bisa timbul
karena adanya beberapa hal, yaitu:
1. Faktor alam
Keadaan alam dapat
menimbulkan monopoli bagi suatu daerah. Misalnya, kesuburan tanah dan iklim
yang cocok dengan jenis tanaman tertentu menyebabkan suatu daerah memonopoli
hasil produksi pertanian tertentu, seperti tembakau di daerah Kedu, Deli;
bawang merah di Brebes, dan lain-lain.
2. Peraturan pemerintah
Misalnya, hak paten
untuk melindungi suatu penemuan baru agar perusahaan pemilik tidak dirugikan
oleh pihak lain yang menghasilkan produk tiruan dengan harga yang jauh lebih
murah. Hak paten memiliki batas waktu dan dapat diwariskan. Bagi penciptanya,
diperbolehkan untuk memberi ijin atau lisensi kepada pihak lain untuk mencipta
dan menjual produk yang sama.
3. Monopoli alamiah
Kemajuan teknologi yang
semakin canggih akan mengakibatkan perusahaan mampu menekan pengeluaran,
sehingga perusahaan dapat lebih efisien dan berkembang karena laba yang
diperoleh semakin besar. Apabila perusahaan mampu memperluas produksi dan
memasarkannya dengan harga yang terjangkau konsumen dengan kualitas yang
memuaskan, hasil produksinya akan mendapat kepercayaan masyarakat. Dengan
demikian, hasil produksinya akan menguasai pasar dan perusahaan mampu
menentukan harga di pasar. Perusahaan yang baru timbul biasanya sulit bersaing
dengan perusahaan yang telah berkembang dan memegang monopoli tersebut.
PASAR
OLIGOPOLI
Pasar oligopoli adalah
suatu bentuk interaksi permintaan dengan penawaran dimana terdapat
penjual/produsen yang menguasai permintaan pasar.
Ciri-ciri pasar
oligopoli :
·
Terdapat banyak penjual/ produsen ya ng
menguasai pasar.
·
Barang yang dijual dapat berupa brang
homogen atau berbeda corak.
·
Terdapat halangan masuk yang cukup kuat
bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk kedalam pasar. Satu diantara para
oligopolis merupakan market leader yaitu penjual yang mempunyai pangsa pasar
terbesar.
Dampak negatif oligopoli
terhadap perekonomian:
Keuntungan yang yang terlalu
besar bagi produsen dalam jangka panjang timbul inifisiensi produksi
eksploitasi terhadap konsumen dan karyawan perusahaan harga tinggi yang relatif
stabil (sulit turun) menunjang inflasi yang kronis kebijakan pemerintah dalam
mengatasi oligopoli pemerintah mempermudah masuknya perusahaan baru untuk masuk
kepasar untuk menciptakan persaingan diberlakukannya undang-undang anti kerja
sama antar produsen.
PASAR
PERSAINGAN SEMPURNA
Pasar persaingan
sempurna adalah sebuah jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang
sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogen. Harga terbentuk melalui
mekanisme pasar dan hasil interaksi antara penawaran dan permintaan sehingga
penjual dan pembeli di pasar ini tidak dapat memengaruhi harga dan hanya berperan
sebagai penerima harga. Barang dan jasa yang dijual di pasar ini bersifat
homogen dan tidak dapat dibedakan. Semua produk terlihat identik. Pembeli tidak
dapat membedakan apakah suatu barang berasal dari produsen A, produsen B, atau
produsen C? Oleh karena itu, promosi dengan iklan tidak akan memberikan
pengaruh terhadap penjualan produk.
PENDAPATAN
NASIONAL
Pendapatan nasional
adalah merupakan jumlah seluruh pendapatan yang diterima oleh masyarakat dalam
suatu negara selama satu tahun. Salah satu indikator penting untuk mengetahui
kondisi ekonomi di suatu negara dalam suatu periode tertentu adalah data Produk
Domestik Bruto (PDB), baik atas dasar harga berlaku maupun atas dasar harga
konstan. PDB pada dasarnya merupakan jumlah nilai tambah yang dihasilkan oleh
seluruh unit usaha dalam suatu negara tertentu, atau merupakan jumlah nilai
barang dan jasa akhir yang dihasilkan oleh seluruh unit ekonomi. PDB atas dasar
harga berlaku menggambarkan nilai tambah barang dan jasa yang dihitung
menggunakan harga yang berlaku pada setiap tahun, sedangkan PDB atas dasar
harga konstan menunjukkan nilai tambah barang dan jasa tersebut yang dihitung
menggunakan harga yang berlaku pada satu tahun tertentu sebagai
dasar.
METODE
PENDAPATAN NASIONAL
Tujuan mempelajari
pendapatan nasional :
·
Untuk mengetahui tingkat kemakmuran
suatu Negara.
·
Untuk memperoleh taksiran yang akurat
nilai barang dan jasa yang dihasilkan masyarakat dalam satu tahun.
·
Untuk membantu membuat rencana
pelaksanaan program pembangunan yang berjangka.
Manfaat mempelajari
pendapatan nasional
·
Mengetahui tentang struktur perekonomian
suatu Negara.
·
Dapat membandingkan keadaan perekonomian
dari waktu ke waktu antar daerah atau antar propinsi.
·
Dapat membandingkan keadaan perekonomian
antar Negara.
·
Dapat membantu merumuskan kebijakan
pemerintah.
Perhitungan Pendapatan Nasional :
Metode Produksi
Metode produksi yaitu
metode yang digunakan untuk menghitung barang dan jasa hasil produksi
masyarakat suatu negara dalam satu tahun. Yang dihitung hanya barang dan jasa
akhir (final goods).
Hasil penghitungannya dinilai dalam uang yang disebut Produksi Nasional (PDB = Produk Domestik Bruto atau GDP = Gross Domestic Product). Produksi Nasional (PDB atau GDP) merupakan nilai barang dan jasa yang dihasilkan oleh masyarakat suatu negara selama satu tahun.
Hasil penghitungannya dinilai dalam uang yang disebut Produksi Nasional (PDB = Produk Domestik Bruto atau GDP = Gross Domestic Product). Produksi Nasional (PDB atau GDP) merupakan nilai barang dan jasa yang dihasilkan oleh masyarakat suatu negara selama satu tahun.
Metode Pendapatan
Metode pendapatan
digunakan untuk menghitung balas jasa yang diterima oleh masyarakat selama satu
tahun. Hasil penghitungannya disebut Pendapatan Nasional (Yearly
Income, dilambangkan dengan Y). Pendapatan Nasional adalah total nilai
balas jasa yang diterima oleh masyarakat suatu negara dalam satu tahun.
Pendapatan masyarakat terdiri dari:
·
Tenaga kerja memperoleh balas jasa
berupa upah/gaji (w = wage)
·
Modal memperoleh balas jasa berupa bunga
(i = interest)
·
Tanah dan SDA memperoleh balas jasa
berupa sewa (r = rent)
·
Pengusaha memperoleh balas jasa berupa
laba (p = profit)
·
Penghasilan campuran (mixed income) yang
merupakan gabungan dari upah/gaji, bunga, sewa, dan laba.
Metode
Pengeluaran/Pembelanjaan (Spending Approach)
Metode
pengeluaran/pembelanjaan digunakan untuk menghitung pengeluaran/pembelanjaan
masyarakat selama satu tahun. Hasil penghitungannya disebut Pembelanjaan
Nasional (National Spending). Pembelanjaan Nasional adalah total pembelanjaan
masyarakat suatu negara selama satu tahun.
Sumber :
1. http://sbrrhapsody.blogspot.com/2012/07/pengertian-produksi-fungsi-produksi.html
2. http://randydharmawan.blogspot.com/2013/05/pasar-monopoli-pasar-persaingan.html
3. http://mediaamirulindonesia.blogspot.com/2012/06/konsep-dan-metode-perhitungan.html
Sumber :
1. http://sbrrhapsody.blogspot.com/2012/07/pengertian-produksi-fungsi-produksi.html
2. http://randydharmawan.blogspot.com/2013/05/pasar-monopoli-pasar-persaingan.html
3. http://mediaamirulindonesia.blogspot.com/2012/06/konsep-dan-metode-perhitungan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar