Selasa, 16 April 2013

Membuat Program Sederhana pada Visual Basic



PROGRAM 1

Program yang saya buat pertama ini adalah program sederhana yaitu membuat biodata. Yang terdiri dari Nama, Kelas, NPM, dan Alamat. Cara membuatnya sangat mudah sekali. Untuk membuat kotak yang bertuliskan Nama, Kelas, NPM, dan Alamat itu menggunakan LABEL. LABEL itu fungsinya untuk membuat teks seperti judul. Lalu kotak putih untuk pengisian Nama, Kelas, NPM, dan Alamat itu menggunakan TEXTBOX. Kotak bertuliskan OKE itu menggunakan COMMAND BUTTON agar saat dirunning nanti bisa diklik. Program Visual Basic ini kurang lebih seperti Paint, tapi bedanya kalo di VB ada codingannya. Jadi setelah selesai mendesain, agar programnya bisa dirunning maka harus diberikan codingan atau perintah.



Ini adalah codingannya.  nama = Text1.Text itu maksutnya jika textbox1 dimasukan tulisan variabelnya adalah nama atau untuk memberi tahu bahwa nama adalah textbox1. Kalo Text5.Text = nama itu maksutnya textbox5 adalah untuk nama atau untuk mencetak hasil textbox1. Begitu juga dengan NPM, Kelas, dan Alamat. Cara kerjanya adalah, jika pada kolom nama atau pada textbox1 dimasukan sebuah nama maka saat di klik OKE akan ada hasilnya sebagai nama pada textbox5. Begitu juga pada NPM, Kelas, dan Alamat. 

Cara runningnya tekan f5 dan akan tampil seperti ini :




PROGRAM 2

Program yang kedua ini membuat desain awalnya adalah LOG IN seperti pada FaceBook. Berarti jika ada LOG IN maka akan ada tampilan selanjutnya. Jadi ada 2 form. Form pertama adalah gambar dibawah ini.



Pada form 1 ini ada tulisan BUKU WAJAH. Itu adalah judulnya, cara membuatnya memakai LABEL. Lalu pada tulisan PASSWORD juga memakai LABEL. karena selain judul, untuk membuat teks seperti itu juga menggunakan LABEL. Kotak putih untuk menulisakan password adalah menggunakan TEXTBOX. Kotak yang bertuliskan Log In menggunakan COMMAND BUTTON agar saat dirunning nanti bisa diklik.



Ini adalah codingannya. Cara kerjanya jika Text1.Text atau textbox1 itu adalah “maulogin” maka loginnya berhasil dan akan membuka form2. Jika Text1.text yang diisinkan bukan “maulogin” maka akan ada peringatan tulisan “Passwordnya Salah Pak !!!”

Setelah form1 selesai di desain dan dikasih codingannya, maka buka form baru lagi yaitu form2. Caranya adalah klik kanan pada project lalu pilih menu add dan pilih form.


 
Pada form2 ini desainnya adalah seperti gambar yang diatas. ini adalah isi dari LOG IN tadi. Jika LOG IN berhasil maka tampilannya seperti pada form2 ini.
Kotak Nama, Kelas, dan NPM menggunakan LABEL. Lalu kotak yang berwarna putih itu memakai TEXTBOX. Untuk kotak Italic, Bold, Red, dan Blue menggunakan COMMAND BUTTON. Begitu juga kotak oke dan exit.




Setelah desain selesai lalu masukan codingan atau perintah agar program bisa dirunning.
Codingan pertama dimasukan di command button 1 yaitu Italic. Label7.FontItalic = true itu maksutnya Label7 yaitu nama jika diklik italic maka tulisannya akan jadi Italic. Begitu juga Label8 dan Label9. Label7.FontBold = False itu maksutnya Label7 yaitu nama jika sudah diklik Italic maka hanya bisa Italic saja. Jika diklik Bold maka tulisan Italicnya tidak menjadi tebal karena bernilain False.
Setelah itu codingan kedua pada command button 2 yaitu Red. Label7.ForeColor = vbRed itu maksutnya jika ingin memakai warna merah maka klik Red, maka nanti Nama, NPM, dan Kelas akan berubah menjadi warna merah.
Codingan ketiga pada command button 3 yaitu Bold. Codingannya sama saja seperti yang Italic namun hanya dibalic saja true dan false nya.
Codingan keempat pada command button 4 yaitu Blue. Codingannya sama saja seperti yang Red, namun hanya diganti saja menjadi vbBlue.
Codingan kelima pada command button 5 yaitu Oke. Label7.Caption = Text1.Text itu maksutnya label7 yaitu nama adalah sama dengan Text1. Jadi saat diklik Oke maka Label7 akan mencetak Text1. Begitu juga seterusnya sama.
Lalu terakhir, codingan keenam pada command button 6 yaitu Exit. MsgBox “Anda Yakin Keluar ?”, vbYesNoCancel , “header” itu maksutnya jika diklik Exit maka akan ada perintah Anda ingin keluar ?  lalu ada pilihan Yes No Cancel.

Inilah output programnya setelah dirunning :


Yang dibawah ini jika memasukan password salah maka outputnya seperti itu.

  
Jika ingin tulisannya miring maka klik Italic.


 Jika ingin tulisan tebal maka klik Bold.

  
Jika ingin tulisan berwarna merah maka klik Red.

  
Jika ingin tulisan berwarna biru maka klik Blue.

  
Jika ingin keluar maka akan ada pertanyaan seperti ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar