Sabtu, 01 November 2014

Membuat Graris Vertikal, Horizontal dan Diagonal





Link Download File nya:



1. GARIS VERTIKAL



  


Logika program :


glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); Untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode RGBA.
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); Untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam.
glPushMatrix (); Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
glClearColor(1,1,1,0);  Untuk menentukan warna garis atau titik.
glColor3f(1,1,1); Untuk menentukan warna garis atau titik.
glBegin(GL_LINES); Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan.
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);  Untuk menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(0,0,0.0); Untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
glEnd (); Untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir.
glPopMatrix (); Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
SwapBuffers (hDC); Digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar.
 

Outputnya :






2. GARIS HORIZONTAL




Logika program :



glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); Untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode RGBA.
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); Untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam.
glPushMatrix (); Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
glClearColor(1,1,1,0);  Untuk menentukan warna garis atau titik.
glColor3f(1,1,1); Untuk menentukan warna garis atau titik.
glBegin(GL_LINES); Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan.
glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f);  Untuk menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f); Untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
glEnd (); Untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir.
glPopMatrix (); Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
SwapBuffers (hDC); Digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar.



Outputnya :
 





3. GARIS DIAGONAL




Logika program :



glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); Untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode RGBA.
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); Untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam.
glPushMatrix (); Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
glClearColor(1,1,1,0);  Untuk menentukan warna garis atau titik.
glColor3f(1,1,1); Untuk menentukan warna garis atau titik.
glBegin(GL_LINES); Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan.
glVertex3f(0, 0, -0.8);  Untuk menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(9.9, 8.9, 0.1); Untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
glEnd (); Untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir.
glPopMatrix (); Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
SwapBuffers (hDC); Digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar.
 

Outputnya :






Tidak ada komentar:

Posting Komentar